7 Langkah Sederhana Menciptakan Blog Di Wordpress Dengan Tutorial Yang Lengkap

Wordpress merupakan salah satu platform paling terkenal digunakan. Banyak kelebihan platform wordpress ini, salah satunya ialah dari sisi SEO yang sistematis. Selain itu, bagi anda yang berkeinginan untuk menciptakan toko online, maka platform wordpress ialah platform yang direkomondasikan untuk anda.
 Wordpress merupakan salah satu platform paling terkenal dipakai 7 Langkah Sederhana Membuat Blog di Wordpress dengan Tutorial yang lengkap
Membuat blog tampaknya gampang ya!, namun tahukah anda dikala anda mengenal wordpress, maka anda akan menyadari bahwa menciptakan blog ternyata tidak semudah yang dibayangkan, inilah yang terjadi pada saya dikala menciptakan blog khususnya blog wordpress.

Walaupun dikala saya berpusing ria dalam menciptakan blog di wordpress, tetapi pada alhasil saya berhasil juga, bahkan dengan sedikit usaha yang menguras pikiran dan tenaga, saya sudah bisa mengatakan jasa untuk menciptakan situs toko online memakai wordpress.

Jika anda mempelajari blog di wordpress perlahan-lahan dengan mengikuti dan memahami langkah-langkahnya dengan benar, maka anda tidak lagi mengadapi kesulitan untuk memulainya.

Membuat blog dengan Wordpress self-Hosted
Salah satu kelebihan wordpress ialah menyediakan open-source yang bisa anda unduh melalui wordpress org, dari situ anda akan menemukan tema, plugin, dokumentasi, lembaga dan blog developer. Selain wordpress.org, anda juga bisa memakai wordpress.com. berbeda dengan wordpress.org, wordpress.com mengatakan fitur otomatis dan gratis untuk anda yang ingin menciptakan blog, namun perlu diingat, gratis dengan syarat dan ketentuan yang harus anda patuhi, termasuk kepemilikan domain. Anda hanya bisa memiliki subdomain dari domain wordpress.com menyerupai www.namaanda.wordpress.com. Sedangkan bagi anda yang serius membangun sebuah blog/website dengan kepemilikian domain langsung dan menerima kontrol yang penuh, sebaiknya gunakan wordpress self-hosted.

Untuk menciptakan blog wordpress self-hosted anda memerlukan kepemilikan domain dan hosting, untuk itu sebaiknya anda memesan terlebih dahulu ke pihak penyedia hosting dan domain murah. Bagi anda yang galau mencarinya, maka anda bisa memesan paket hosting sekaligus gratis domain melalui salah satu penyedia hosting murah dan terbesar di Indonesia yaitu hostinger.

Panduan Cara Membuat Blog di Wordpress
Sekarang Anda sudah menentukan platform WordPress, menciptakan domain dan akun hosting, dan siap untuk menciptakan website. Pada tutorial kali ini, anda akan dipandu dari awal hingga final perihal langkah-langkah dalam menciptakan website dari awal hingga selesai. Berikut 7 Langkah Sederhana Membuat Blog di Wordpress dengan Tutorial yang lengkap, check it out !

1. Install WordPress di Paket Hosting Anda
Tahap pertama yang harus anda lakukan ialah menginstall wordpress di paket hosting anda. umumnya ada akan diberikan sajian yang mengarah pada saluran melalui cPanel atau dashboard. Untuk melalukan instalasi, silahkan masuk ke dashboard/cPanel, kemudian buka Website > auto installer.

Setelah itu, silahkan temukan opsi wordpress (simbol wordpress) atau gunakan kolom pencarian untuk menemukan aplikasinya. Silahkan isi data yang diminta untuk mengisi formulir, kemudian klik tombol install untuk memulai proses instalasi.

Proses instalasi di atas merupakan sistem auto installer, bagi anda yang ingin menginstalasi secara manual, maka anda bisa melalukannya dengan:
  • Mengunduh wordpress
  • Membuat database dan pengguna database serta mengatakan hak saluran penuh terhadap akun hosting anda
  • Upload file wordpress yang sudah diekstrak ke akun hosting
  • Jalankan script instalasi wordpress dan ikuti seruan wordpress
2. Buat Pengaturan Standar WordPress
Tahap kedua ialah menciptakan pengaturan standar. Banyak pengaturan standar dari wordpress yang bisa anda sesuaikan sesuai dengan kebutuhan anda. Untuk menuju ke pengaturan, silahkan buka sajian setting > general. Setelah itu, silahkan setting data yang ingin anda sesuaikan.

3. Memilih tema
Setelah setting telah anda atur, langkah selanjutnya ialah pemilihan tema. Untuk pilihan tema bebas, namun Sebaiknya anda menentukan tema yang sesuai dengan blog/website yang anda buat, contohnya blog anda perihal toko online, maka pilihlah tema yang cocok untuk toko online. Jika tema yang tersedia tidak ada secara gratis, maka anda bisa membelinya pada situs yang menyediakan banyak sekali tema berkelas premium (berbayar).

4. Instal Plugin WordPress yang Diperlukan
Plugin ialah fitur yang harus diinstal, tujuan plugin ialah untuk meningkatkan kinerja wordpress agar lebih baik dan lancar. Pada umumnya, plugin yang direkomondasikan sifatnya open-source alias gratis, sehingga anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli dan menginstal plugin-plugin yang penting pada blog/website anda. adapun beberapa plugin yang penting untuk anda instal adalah:
  • Jetpack plugin untuk mengamankan situs, membagikan konten otomatis masih banyak lagi.
  • Yoast SEO pluing paling populer, bertujuan untuk menaikkan peringkat di Google.
  • Akismet merupakan plugin berfungsi untuk menghapus komentar spam
  • Wordfence Security, berfungsi untuk mengamankan situs dari pengguna lain yang ingin mencoba login ke situ anda
  • UpdraftPlus plugin yang sanggup mengback up situs anda kalau terjadi kesalahan.
5. Tulis dan Terbitkan Post Pertama
Pada tahap ini anda sudah bisa menerbitkan artikel pertama anda, bisa dengan menuliskan biodata, kontak pribadi, riwayat atau artikel yang lain.

6. Mengcustom web untuk pengunjung
Anda bisa merubah logo, menciptakan antarmuka web anda, background hingga warna-warna pada blog anda demi memanjakan mata pengunjung. Walaupun hal ini tidak begitu berpengaruh, namun tingkat kredibilats web anda akan semakin tinggi kalau web/blog anda tercustom dengan baik dan menarik.

7. Rencanakan Perkembangan situs anda
Nah, sesudah web/blog anda sudah beres, langkah selanjutnya ialah menciptakan perencanaan ke depan untuk blog/web anda. Jika anda ingin serius dan berhasil, sebaiknya lakukan perencanaan dengan administrasi yang baik sehingga blog/web yang anda buat tidak sia-sia.

Masih Belum paham!
Saya yakin dengan tutorial di atas anda sudah bisa menciptakan blog/website di wordpress, namun bagi yang masih meraba bahkan belum begitu mengerti secara total, silahkan baca artikel yang berjudul >>Tutorial menciptakan blog di Wordpress.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url