7 Daftar Makanan Yang Harus Dihindari Dikala Diare

Diare atau kalau dikampung saya sering disebut Mencret merupakan kondisi yang tidak nyaman dan tidak menyenangkan yang terjadi pada hampir semua orang. Masalah gastrointestinal ini mengakibatkan buang air besar menjadi encer, basah dan sering berlangsung. Kebanyakan orang yang terjangkit diare akan sembuh dengan sendirinya dan berlangsung dalam waktu yang singkat, akan tetapi apabila gejalanya berlangsung dalam waktu yang lama, maka akan mengakibatkan keadaan semakin memburuk.
 Diare atau kalau dikampung saya sering disebut Mencret merupakan kondisi yang tidak nyama 7 Daftar Makanan yang Harus Dihindari Saat Diare
Aktivitas sehari-hari ditambah dengan cara hidup akan mengkodisikan badan berperan dalam menanggapi aneka macam penyakit menyerupai diare. Jika badan sehat, maka ketika pencernaan terjangkit diare sanggup dipastikan proses penyembuhannya akan cepat dan mudah, namun sebaliknya, jikalau badan dalam keadaan tidak fit, sanggup dipastikan penyembuhannya akan lambat dan memerlukan waktu yang cukup lama. Banyak hambatan yang dihadapi terkait dengan hal itu, beberapa diantaranya menyerupai cara pengobatan, stres, contoh makan dan lain sebagainya.

Ketika anda sedang mengalami diare, maka hal yang perlu anda perhatikan yaitu menghindari beberapa jenis kuliner tertentu, alasannya yaitu jikalau hal ini tidak dihindari, sanggup jadi sakit diare anda akan semakin parah dan tidak kunjung sembuh. Apa saja sih daftar kuliner yang harus dihindari bagi penderita diare, berikut ulasannya sebagaimana dilansir dari situs www.terwujud.com, check it out !

1. Susu
Laktosa dalam susu dan produk susu lunak lainnya, menyerupai keju cottage, keju krim, es krim dan krim asam, yaitu sesuatu yang tidak sanggup dicerna oleh usus ketika Anda menderita diare. Bila Anda mengkonsumsi terlalu banyak laktosa, maka hal tersebut akan masuk ke usus dan menciptakan kondisi diare anda semakin parah.

2. Cabai
Makanan lain yang sanggup memperparah diare yaitu cabai. Senyawa capsaicin pada cabe diketahui memicu diare. Hal ini akan mengganggu lapisan perut selama pencernaan, yang berakibat pada diare dan juga akan memproduksi banyak gas, mengakibatkan kembung dan sensasi terbakar pada perut.

Sebuah studi 2007 yang dipublikasikan di Neurogastroenterology & Motility menemukan bahwa bagi penderita diare yang mengkonsumsi cabe akan mencicipi rasa sakit yang lebih pada perut dan rasa terbakar yang sanggup mengakibatkan iritasi pada usus dibandingkan dengan orang yang sehat tanpa menderita diare.

3. Kopi
Bagi anda pecandu kopi sebaiknya jangan mengkonsumsinya dulu sebelum sakit diare anda sembuh total. Bagi penderita diare tidak dianjurkan minum kopi dikarenakan kandungan dalam kopi berupa kafein sanggup menciptakan tinja menjadi encer atau longgar. Selain itu, pengaruh diuretic pada kopi sanggup memperburuk kekurangan cairan tubuh akhir diare.

Tidak saja kopi, segala jenis minuman yang mengandung kafein menyerupai soda juga tidak dianjurkan untuk dikonsumsi ketika anda sakit diare hingga sakit diare anda benar-benar sembuh.

Sebagai pengganti minuman anda sekaligus sebagai obat alami untuk kesembuhan sakit diare anda, silahkan minum teh herbal bebas kafein, air jahe atau peppermint yang berfungsi menenangkan usus anda.

4. Alkohol
Alkohol yaitu zat yang mengandung banyak penyakit. Alkohol yang bersifat racun akan merusak lapisan perut juga merusak metabolisme hati. Seseorang yang mengkonsumsi alkohol apalagi dengan keadaan sakit diare akan memperburuk pencernaan dan sanggup membahayakan kondisi tubuh. Selain itu, alkohol juga sanggup menghambat proses penyembuhan sakit diare.

5. Kacang polong
Daftar kuliner selanjutnya yang harus dihindari penderita diare yaitu Kacang Polong dan homogen dengan itu menyerupai kacang kedelai dan kacang lima. Bertambah buruknya sakit diare anda lantaran mengkonsumsi kacang polong ini disebabkan proses perpindahan dari usus kecil ke usus besar.

Ketika anda sedang diare, proses pencernaan tidak stabil sehingga mengakibatkan kacang polong tidak tercerna dengan tepat yang mengakibatkan sakit diare semakin parah dan perut menjadi kembung. Selain itu, kacang polong memiliki kandungan yang tinggi kadar lektin yang sanggup meningkatkan peradangan pada usus.

Bagi anda yang tidak menderita diare, sebaiknya konsumsi kacang polong dengan serat yang halus atau dikunyah dengan halus semoga gampang dicerna, sementara bagi pendertia diare sebaiknya tidak mengkonsumsinya hingga sakit diare anda sembuh total.

6. Pengganti Gula/Pemanis buatan
Jenis lainnya yang tidak dianjurkan bagi penderita diare yaitu pengganti gula atau pelengkap buatan. Pengganti gula ini biasanya ditemukan pada kuliner dan minuman yang memakai pelengkap buatan menyerupai permen karet, permen dan lain sebagainya.

Pemanis buatan lebih lambat diproses dan diserap dibandingkan dengan gula asli, pelengkap buatan cenderung mencapai usus besar tanpa diserap yang mengakibatkan timbulnya penyakit diare sekaligus kuman dalam perut akan memakan gula yang menghasilkan lebih banyak gas.

Bagi anda penderita diare sebaiknya lebih waspada dan teliti ketika membeli kuliner atau minuman, hindari jenis kuliner dan minuman yang mengandung pelengkap buatan hingga sakit diare anda sembuh.

7. Kacang-kacangan
Pada poin ke 5 telah dibahas mengenai kacang polong, tidak berbeda dengan jenis kacang-kacangan yang menciptakan tanda-tanda diare akan semakin jelek jikalau dikonsumsi. Kacang sulit dicerna dan sanggup memperlihatkan iritasi pada lapisan usus yang sanggup memperparah diare, mengakibatkan sakit perut dan menciptakan perut kembung.

Maka dari itu, bagi penderita diare, sangat tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi jenis kacang-kacangan walaupun mengkonsumsinya dalam jumlah yang sedikit.

Tips mempercepat pemulihan Sakit diare anda
Bagi anda yang menderita sakit diare dan ingin sakit tersebut cepat sembuh, maka sebaiknya hindari dulu mengkonsumsi kuliner yang disebutkan di atas. Selain itu, untuk mempercepat proses penyembuhan diare, anda sanggup mengkonsumsi jenis kuliner yang sanggup menyembuhkan diare.

Jenis kuliner yang sanggup mempercepat pemulihan diare diantaranya kentang, nasi putih, Pisang, Sereal, Saus apel, Apel, Roti, jelly, Yoghurt, Kentang rebus dan lainnya. Ketika anda makan, sebaiknya tidak makan dalam jumlah yang banyak. Anda sanggup makan dalam jumlah sedikit tapi melakukannya secara rutin, hal ini bertujuan untuk meminimalkan diare anda.

Satu lagi yang paling utama yaitu banyak minum air putih semoga terhindar dari resiko dehidrasi. Semoga bermanfaat, terima kasih !.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url