Sering Mengalami Kelelahan pada Masa Kehamilan, Amankah?

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.



Berikut adalah cara mengatasi kelelahan yang berlebih untuk anda yang sedang hamil :


1.  Luangkan waktu untuk beristirahat


Jika Anda lelah segera luangkan waktu untuk beristirahat. Anda dapat mempergunakan waktu singkat anda sekedar membuat rilek bagian tubuh anda terutama kaki dan bagian pinggang. Bila memungkinkan memiliki waktu lebih dari dari tiga puluh menit anda dapat melakukan tidur siang hari.


2.  Mengkonsumsi Makanan  Sehat


Makanan sehat akan membantu Anda untuk mengurangi kelelahan. Setiap menu makan harus mencakup banyak buah, sayuran dan biji-bijian, serta beberapa protein dan susu rendah lemak. Hal ini akan memberikan kecukupan nutrisi untuk tubuh Anda. Minum banyak air mineral untuk menghindari dehidrasi. Bagi ibu hamil yang aktif bekerja kekurangan asupan cairan pada tubuh akan mengakibatkan kelelahan dan menyebabkan sakit kepala.


3.  Menjaga gula darah tetap stabil


Menjaga gula darah tetap stabil untuk menghindari hipoglikemia (gula darah rendah), yang dapat membuat Anda merasa kelelahan.Anda dapat menjaga gula darah yang stabil dengan membiasakan sarapan dan mengambil makanan kecil (cemilan sehat ). Hindari cemilan yang mengandung lemak yang tinggi karena akan membuat anda cepat lelah


4.  Konsumsi makanan yang tinggi zat besi untuk mencegah anemia


Kelelahan pada ibu hamil bisa terjadi dikarenakan kekurangan darah (anemia). Mengkonsumsi makanan yang tinggi zat besi untuk mencegah zat besi untuk mencegah anemia bisa anda lakukan dengan mengkonsumsi sayuran hijau tua, daging merah, blackberry dan aprikot kering merupakan sumber zat besi yang baik.


5.  Mengatur pola kerja selama kehamilan


Bila anda mengalami tekanan di tempat kerja seperti pekerjaan yang berat, menunda waktu makan anda, tidak mendapatkan udara yang segar. Kondisi ini akan mengakibatkan anda cepat lelah. Anda dapat mempertimbangkan pola kerja selama kehamilan untuk menghindari kelelahan yang berlebihan. Selain pola kerja di kantor, pekerjaan ibu rumah tangga yang mengharuskan anda  untuk menganggakat benda yang berat, bisa anda hindari terlebih dahulu.


6.  Latihan olahraga kehamilan


Bagi anda yang sedang hamil dan sering merasakan kelelahan, olahraga seperti yoga atau latihan relaksasi bisa anda lakukan. Berjalan-jalan di pagi atau sore hari bisa anda lakukan. Kelelahan bisa terjadi karena anda belum mampu beradaptasi dengan perubahan hormon selama kehamilan, sehingga menghindari olahraga selama kehamilan justru akan menyulitkan anda dalam masa persalinan.


7.  Aromaterapi untuk menghindari kelelahan selama masa kehamilan


Menikmati mandi santai dengan minyak esensial aromaterapi seperti lavender atau jeruk. Minyak lavender aman pada trimester pertama jika Anda menggunakan tidak lebih dari tiga tetes pada suatu waktu, tetapi tidak menggunakannya setiap malam. Adapula Bunga Bach seperti minyak zaitun dapat membantu Anda untuk mengatasi kelelahan Anda selama kehamilan.




Selain sebagai media informasi kesehatan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url