Sudah Siapkah Perlengkapan Persalinan Anda?

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.


Kondisi organ bayi semakin berkembang pesat bahkan sudah dapat mengkoordinasi antara bayi dan kemampuan bayi menghisap. Kondisi bayi sudah dapat mengambil nafas bahkan bayi sudah dapat membuka matadan mendengar suara dari luar kandungan. Kondisi ibu hamil yang memasuki bulan akhir diantaranya adalah timbulnya stretchmark yang semakin jelas. Meskipun demikian tidak akan membahayakan ibu dan janin. Hal terpenting adalah persiapan persalian yang dapat anda konsultasikan dengan dokter kandungan anda.


Terpenting untuk ibu hamil adalah mempersiapkan persalinan ketika memasuki usia kehamilan 9 bulan. Pada usia persalinan yang semakin dekat ibu hamil seringkali merasakan kecemasan yang berlebihan. Kecemasan dimulai karena kurangnya rasa percaya diri menghadapi persalinan. Kondisi ini banyak dialami oleh ibu hamil apalagi dikehamilan pertama kali.


Proses persalinan yang didukung oleh persiapan yang matang akan membantu ibu hamil dalam mengelola emosi. Bahkan ibu hamil merasakan kekuatan dukungan di dalam diri maupun dari lingkungan orang orang tercinta. Pada kondisi inilah yang menyebabkan ibu hamil memerlukan cara cara untuk mendukung persalinannya agar berjalan lancar dan tenang.


Dengan persiapan yang matang maka ibu hamil akan mempersiapkan semua perlengkapan persalinan dengan baik dan tepat. Terkadang ibu hamil merasakan bingung apa saja yang harus masuk dalam daftar perlengkapa persalinan sehingga hal terpenting dilupakan sedangkan perlengkapan yang bersifat kurang penting malah dipersiapkan. Pada artikel kali ini kami akan membantu anda dalam memberikan tips perlengkapan persalinan yang tepat untuk ibu menjelang persalinan. Baca juga: Persiapan Melahirkan


Persiapan Menjelang Persalinan


Persiapan menjelang persalinan memang sangat diperlukan bahkan dapat dipersiapkan jauh-jauh hari. Persiapan menjelang persalinan dapat meliputi kondisi fisik ibu hamil dan psikis ibu hamil. Bahkan dipersiapkan ketika usia kehamilan lebih awal, kondisi ini untuk tetap mendukung kesehatan ibu dan janin. Kesehatan ibu dan janin akan mendukung persalinan yang normal oleh karena itu kesiapan menjelang persalinan harus disiapkan sejak trimester pertama.


Persiapan menjelang persalinan yang berhubungan dengan fisik ibu hamil adalah kondisi kesehatan ibu hamil. Ibu hamil yang memiliki gangguan kesehatan selama kehamilan akan mendapatkan perawatan ekstra dan meski dilakukan konsultasikan dengan dokter kandungan untuk mendapatkan proses persalinan yang sesuai dengan kondisi fisik ibu hamil.


Selain itu hal terpenting yang dilakukan ibu hamil adalah mempersiapkan mental menjelang persalinan. Beberapa latihan yang dapat dilakukan untuk menenangkan ibu hamil dan mengurangi rasa khawatir yang berlebih memasuki waktu persalinan diantaranya adalah yoga khusus kehamilan. Selain itu dukungan adalah salah satu hal terpeting yang diperlukan ibu hamil. Dukungan dari orang sekitar termasuk peranan suami yang memberikan rasa tenang pada ibu hamil.


Perlengkapan Persalinan


Memasuki usia kehamilan 8 bulan anda harus sudah mempersiapkan perlengkapan persalinan anda. Diantaranya adalah dengan mempersiapkan perlengkapan bayi dan perlengkapan ibu melahirkan. Tas perlengkapan melahirkan memang sudah saatnya anda isi dengan perlengkapan yang wajib dibawa saat menjelang persalinan.


Dukungan dari pasangan anda memang sangat diperlukan. Anda dapat memberi tahu suami atau anggota keluarga lainnya tas yang harus dibawa ketika proses persalinan semakin dekat. Ketika anda mengalami kontraksi orang disekitar anda akan merasakan panik sehingga dengan persiapan tas perlengkapan anda dapat membantu.


Perlengkapan yang harus dibawa ketika Persalinan


Ibu segera bersiap siap ketika waktu ditentukan untuk segera pergi ke rumah bersalin. Pastikan keluarga mengetahui tas perlengkapan yang telah anda siapkan yang mendukung proses persalinan anda. Jauh jauh hari ibu harus mempersiapkan barang yang akan dibawa pada hari persalinan anda. Untuk membantu anda mempersiapkan perlengkapan persalinan.


Berikut ini adalah daftar yang dapat dibawa saat ibu menuju rumah bersalin:


1. Membawa pakaian yang nyaman


Pakaian nyaman seperti piyama atau baju tidur. Dengan menggunakan bahan yang mudah menyerap keringat akan membuat anda nyaman . Bahkan setelah anda melahirkan pakaian dengan kancing di depan lebih memudahkan anda untuk memberikan ASI pada bayi. ( Baca juga: Nama Bayi Laki-Laki )


2. Bra dan bantal Menyusui


Perlengkapan yang tidak boleh anda lupa adalah bra khusus ibu menyusui. Apabila anda belum sempat memilikinya bra dengan ukuran yang nyaman dapat anda bawa. Pastikan anda membawa bantal menyusui untuk memudahkan memberikan ASI pada bayi anda.


3. Sandal


Sandal yang membuat nyaman adalah sandal dengan permukaan yang tidak licin. Hindari menggunakan sandal dengan alas yang tebal akan membahayakan anda.


4. Perlengkapan kebersihan


Anda dapat membawa perlengkapan kebersihan yang anda perlukan. Anda dapat membawa perlengkapan mandi atau aksesoris rambut seperti sisir dan jepit rambut. Untuk berjaga-jaga sebaiknya memang dibawa /dipersiapkan sebelum persalinan.


5. Dokumen penting


Tidak kalah penting adalah dokumen penting yang harus anda bawa ke rumah bersalin. Meskipun anda sudah mendaftar di rumah sakit. Beberapa rumah bersalin membutuhkan konfirmasi ulang sehingga kartu asuransi atau surat lainnya yang akan mendukung administrasi harus dipersiapkan. Beritahu suami atau orang terdekat mengenai dokumen penting tersebut.


Daftar Perlengkapan Bayi yang harus dibawa


Anda dapat mempersiapkan perlengkapan bayi pada satu tas. Letakan tas di tempat yang mudah diambil apabila sewaktu-waktu anda merasakan kontraksi dan harus segera ke rumah sakit. Adapun perlengkapan yang harus dibawa ke dalam tas bayi merupakan barang yang mendukung saja.


Berikut ini adalah beberapa rekomendasi daftar barang bawaan bayi.



  1. Bawalah buku catatan pemeriksaan rutin dokter apabila diperlukan

  2. Popok bayi yang dibawa tidak harus banyak. Anda cukup membawanya 3 pcs .

  3. Selimbut bayi merupakan berlengkapan terpenting yang harus anda bawa. Mengingat bayi masih belum terbiasa dengan udara baru. Pilihlah bahan yang nyaman untuk bayi.

  4. Sarung tangan dan kaki merupakan perlengkapan yang harus anda bawa di dalam tas bayi. Sarung tangan dan sarung kaki bisa anda bawa masing masing satu pasang.

  5. Topi bayi merupakan barang yang diperlukan untuk membuat tubuh bayi nyaman.

  6. Baju setelan bayi 2 pc yang dapat anda bawa untuk setelan pulang dari rumah bersalin.


Dengan demikian perlengkapan yang dapat anda persiapkan adalah perlengkapan ibu dan bayi yang dibawa ketika persalinan berlangsung. Semua perlengkapan tersebut dapat dimasukan dalam tas yang masing-masing perlengkapan ibu dan bayi. Usahakan beritahu suami dan orang terdekat ketika menyimpan tas yang sudah disediakan. (Baca juga; Tanda-tanda melahirkan)




Selain sebagai media informasi kesehatan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url